VIII

Pernyataan, Fungsi, dan ekspresi


Perintah-perintah OpenScript

Untuk membuat pernyataan-pernyataan Openscript, gunakan perintah ditambah dengan parameter-parameter yang dibutuhkan. OpenScript menyertakan perintah-perintah untuk :

  • Mendeklarasikan, mendapatkan, dan mengatur nilai suatu variabel atau properti seperti get, increment, local, pop, push, put, set, dan system.
  • Memanipulasi obyek, seperti align, clear, draw dan mouse.
  • Berinteraksi dengan pemakai, navigasi antar halaman, mencari atau mengurutkan halaman, seperti ask, go, request, search, sort, dan transition
  • Mencetak atau menyimpan file Toolbook, membaca atau menulis ke suatu file eksternal, seperti export, openFile, print, readFile, dan writeFile.
  • Menambah dan menghapus menu item, seperti addMenu dan addMenuItem.
  • Bertukar data antar aplikasi Windows, seperti executeRemote dan linkDLL.
Memakai struktur kontrol OpenScript

Suatu struktur kontrol adalah sekumpulan pernyataan yang berjalan dibawah keadaan tertentu, misalnya saat menangani pesan, perulangan pernyataan, atau suatu kondisi. Struktur kontrol OpenScript terdapat pada tabel berikut :

Tipe perintah keterangan

Perulangan step Melakukan perulangan sebanyak n
kali.
do/until Terus Berulang sampai suatu kondisi
terpenuhi. Dilakukan sekurang
kurangnya sekali.
while Terus berulang selama kondisi
terpenuhi.
Melakukan percabangan if/then/else Menjalankan pernyataan jika kondisi
terpenuhi.
conditions Menjalankan salah satu dari beberapa
kemungkinan.
Menangani pesan to handle Menanggapi suatu pesan baik dari
sistem maupun dari pemakai
Membuat properti dan to set Mendefinisikan script untuk
fungsi buatan menentukan nilai dari properti atau
fungsi buatan.
to get Mendefenisikan script untuk
mendapatkan nilai dari properti atau
fungsi buatan.
Mengatur jendela target in Menjadikan suatu viewer sebagai
jendela target untuk sementara.
Mencetak start spooler Mengarahkan urutan pencetakan ke
peralatan pencetak.
Memakai DLL linkDLL Mendeklarasikan fungsi dari suatu
dynamic link library (DLL).
Pesan Windows translateWindow Membuat penanganan untuk menter-
Message jemahkan pesan dari Windows ke
OpenScript.


Anda selalu mengawali suatu srtuktur kontrol dengan salah satu dari tabel di atas, dan menutupnya dengan kata end, kecuali do yang diakhiri dengan until . Didalam sruktur kontrol tersebut anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan anda. Anda juga dapat menuliskan kembali nama dari struktur kontrol setelah end untuk memudahkan dalam melihat di mana suatu struktur kontrol berakhir, seperti dalam contoh berikut :

step I from 1 to 10
... --pernyataan-pernyataan diletakkan di sini
end step

to handle buttonClic
... --pernyataan-pernyataan diletakkan di sini
end buttonClick


Perulangan dan uji kondisi

Gunakan struktur kontrol perulangan untuk menjalankan serangkaian pernyataan berulang kali. Struktur kontrol while menguji di awal perulangan, sehingga mungkin saja perulangan ini tidak pernah dilakukan sama sekali. Sebaiknya kontrol struktur do menguji pada akhir dari perulangan, jadipengulangan dilakukan sekurang-kurangnya sekali. Jika anda mengetahui berapa banyak jumlah perulangan yang akan dilakukan, gunakan struktur kontrol step.

--mengambil hanya nama file dari pathname plus filename
to get namafile mFile
moffset = offset ( "\", mFile)
while moffset > 0
clear chars 1 to moffset of mFile
moffset = offset ( "\" , mFile)
end
return mFile
end

--melakukan efek transisi sampai tombol mouse dilepas
to handle buttonDown
mWarna = fillcolor of this background
transition "drip fast" to green
do
transition "zoom out fast" at mousePosition of this window to black
transition "zoom out fast" at mousePosition of this window to green
untilmkeystate (keyLeftButton) is up
transition "dissolve fast" to mWarna
end


Anda dapat meguji kondisi dalam Open scrit dengan dua cara. Gunakan percabangan if/tgen untuk pengujian sederhana, serta tambahkan percabangan else bila anda ingin meyertakan secara eksplisit pernyataan yang harus dijalankan jika kondisi tidak terpenuhi. Untuk menguji lebih dari kemungkinan kondisi, gunakan struktur kontrol conditions/when/where. ToolBook menguji setiap kondisi mulai dari kemungkinan pertama, lalu mengeksekusi pernyataan yang kondisinya telah terpenuhi, Toolbook tidak akan melanjutkan pengujian. Anda bisa menambahkan else seperti halnya pada if/then.


--menguji beberapa kemungkinan tanggapan pemakai
to handle buttonClick
request "Lanjutkan proses?" with "ya" or "Tidak" or "Ulangi"
conditions
when it is "Ya"
request "Anda memilih ' Ya ' "
when it is "Tidak"
request "Anda memilih ' Tidak ' "
when it is "Ulangi"
request "Anda memilih ' Ulangi ' "
else
request "Anda tidak memilih apa-apa"
end
end


Menentukan jendela target

Bila anda menjalankan script pada satu viewer, tetapi ingin mempengaruhi obyek yang berada pada lain viewer, anda bisa menggunakan struktur kontrol in untuk menjadikan suatu viewer sebagai jendela target untuk sementara. Pernyataan yang berada dalam struktur kontrol berjalan seolah-olah berada pada viewer yang kedua.


--melakukan efek transisi pada viewer yang lain
to handle buttonDown
in viewer "dialog"
transition "spiral in fast" to black
end
end
to handle buttonUp
in viewer = "dialog"
transition "spiral out fast" to white
end
end



Perintah spooler

Gunakan struktur kontrol start spooler untuk melakukan pencetakan. Perintah print dan print eject hanya bekerja didalam struktur kontrol ini, Jadi anda harus memakainya bila ingin mencetak dari suatu script. Sebaai contoh :


to handle buttonClick
start spooler
print all pages
end
end


Memakai dynamic link libraries (DLL)

Untuk bisa menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada dynamic link libraries (DLL), anda harus terlebih dahulu menginisialisasinya pada struktur kontrol linkDLL. Misalnya :


to handle buttonClick
linkDLL "TB3 0win.DLL"
int horizontalDisplayRes ( )
int verticalDisplayRes ( )
end
request "ukuran layar (pixel) : " && \
horizontalDisplayRes ( ) & " , " \
& verticalDisplayRes ( )
unlinkDLL "TB3 0win.DLL"
end


Menyela struktur kontrol dengan break dan continue

Untuk menyela atau merubah aliran dari strruktur kontrol, anda bisa memakai break dan continue di dalam struktur tersebut. Gunakan break untuk keluar dari struktur kontrol tanpa harus menyelesaikan seluruh pernyataan yang ada di dalamnya, atau jika ingin keluar dari perulangan lebih awal, misalnya pada saat muncul kesalahan.


Jika anda memakai break untuk keluar dari handler, kontrol akan dikembalikan ke apa saja yang telah memanggil handler tersebut sebelumnya. Contoh pemakaiannya adalah :

to handle buttonClick
requst "Keluar dari program?" with "ya" or "tidak"
if it is "Tidak"
break
end
save changes to this book
send exit
end


Bila ingin keluar dari suatu struktur kontrol yang berada dalam handler, sertakan nama struktur kontorl tersebut setelah kata break. Contohnya :


to handle buttonClick
step n from 1 to 100
if n > 10
break step
else
put n into commandWindow
pause 30 ticks
end
end
put "Berhenti menghitung..." into commandWindow
end


Pernyataan continue digunakan ubtuk melewati satu iterasi tanpa menjalankan peryataan yang terdapat pada iterasi yang aktif. COntinue lebih banyak dipakai pada struktur kontrol step atau do/until.


--menampilkan bilangan ganjil 1 sampai 30
to handle buttonClick
step n from 1 to 30
if n mod 2 is 0
continue
end
put n into commandWindow
pause 30 ticks
end
end


date Sabtu, 27 Maret 2010

0 komentar to “ ”

Leave a Reply: