DEFINISI MULTIMEDIA.
multimedia diambil dari kata multi dan media yang berarti 
MULTI : banyak;bermacam-macam.
MEDIA : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
MULTIMEDIA dapat diartikan sebagai pengguna beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text,audio,grafik,animasi dan vidio.
multimedia dapat digunakan dalam : 
1. bidang periklanan yang efektif dan interaktif.
2. Bidang peendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah                  pembelajaran.
3. bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif dan                  interaktif.
Sejarah perkembangan multimedia di Indonesia:
Setelah satelit Palapa C1 dan C2 diluncurkan beberapa tahun yang lalu, banyak perkembangan-perkembangan baru yang terjadi. Misalnya ditaburkannya satelit komunikasi diatas langit Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing yang mana pengusaha Indonesia juga terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti PT. Bakri Communication Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek telepon satelit dunia untuk memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau GSM. Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada konsorsium ICO Global Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah Irridium. Diluar Indonesia, Microsoft juga merambah industri satelit layanan komunikasi yang lain, seperti internet, video conference atau video on demand. Dan proyek Microsoft yang terkenal saat ini adalah CyberStar atau Internet di Angkasa.

Meskipun di Indonesia layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi terminology mengenai multimedia sendiri masih sempit di dalam benak masyarakat Indonesia. Teknologi multimedia selalu diasosiasikan dengan Personal Computer (PC). Padahal pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi kata, multimedia terdiri dari kata multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi. Jika sebuah PC disebut multimedia, maka PC tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem. 

Di Indonesia, perkembangan multimedia tidak lagi hanya di bidang bisnis tetapi juga dikembangkan dibidang pendidikan, politik, jurnalistik, dll. Hampir setiap sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki ruang multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Di bidang politik, para pejabat juga memanfaatkan teknologi teleconference sebagai diplomasi jarak jauh.
multimedia mampu :
1. mengubah tempat kerja : dengan adanya teleworking para pekerja dapat melakukan pekerjaan tidak harus dari kantor.contoh : netmeeting.
2. mengubah cara belanja : Homeshopping/teleshoppnig dapat dilakukan dengan menggunakan internet , kemudian barang dikirim/diantar ke rumah.
3. mengubah cara bisnis : membuat bisnis dengan telepom genggam
4. Mngubah cara memperoleh informasi : Orang-orang menggunakan internet dan berbagi software untuk mencari informasi.
5.mengubah cara belajar : sekolah atau universitas mulai menggunakan komputer multimedia,
 belajar online dan menggunakan e-book.
MULTIMEDIA dapat dibagi beberapa model : 
1. Text,Gambar dan grafik.
2. Audio/Vidio.
3.Animasi.
1. TEKS , GAMBAR DAN GRAFIK.
1.1 TEKS.
       Jenis - jenis Teks: 
1.1.1 Plain Teks. 
Teks adalah data dalam bentuk karakter. 
Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standart Code for Information Interchange) 
tiap-tiap karakter dipresentasikan oleh 7 Bit "binary digit"(desimal = 0-127).
1.1.2 Formated Teks. 
serangkaian karakter format yang telah didefinisikan
1.1.3 Hypertext.
-Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965).
-Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking.
contoh Hyperteks :
HTML : Hypertext Markup Language.
XML : eXtensible  Markup Language.
1.2 GAMBAR.
Gambar atau image merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek,alam pandangan 2D atau 3D.
Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai nilai yang berupa Intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan(diambil sampelnya pada interval diskrit).
1.3 GRAFIK. 
Grafik sama dengan Citra. Meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan komputer, berbentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkan pencitraan dalam sejumlah pixel, dan printer dot matrix akan mencetak citra/gambar tersebut dalam sejumlah titik.
2. AUDIO/VIDIO
2.1 AUDIO
Dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.
contoh lainnya : 
1. Audio Visual : Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb
2.Audio Streaming : Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.
3.Audio Oscillator :Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
4.Audio Modem Riser : sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan
atau audio.
2.2 VIDIO.
vidio adalah teknologi untuk menangkap,merekam,memproses,mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.biasanya menggunakan film seluloid,sinyal elektronik,atau media digital.
Digital vidio adalah jenis sistem vidio recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan analog dalam hal representasi vidionya.
3.ANIMASI. 
Animasi adalah menghidupkan gambar, sehingga anda perlu mengetahui dengan pasti setiap detail karakter anda, mulai dari tampak (depan,tengah,hingga akhir).
Jenis - jenis animasi 
1. Animasi Cel. 
2.Animasi Frame.
3.Animasi Sprite.
4.Animasi Path.
5. Animasi Spline.
6.Animasi Fektor.
7.Animasi Character.

date Sabtu, 20 Maret 2010

0 komentar to “ ”

Leave a Reply: